Pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming atau OOP adalah jenis pemrograman komputer di mana programmer mendefinisikan tipe data dari struktur data, dan juga jenis operasi (fungsi) yang dapat diterapkan pada struktur data. Kemudian, struktur data ini yang nantinya akan menjadi objek yang meliputi data dan fungsi. Selain itu, programmer dapat menciptakan hubungan antar objek. Misalnya, karakteristik suatu objek dapat menurun dari objek lain.
Definisi lain dari OOP adalah konsep pada pemrograman dengan mengidentifikasi kelas objek yang terkait erat dengan metode yang digunakan. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat program yang berorientasi objek, misalnya JavaScript, C++, Java, dan Python.
Kali ini saya akan memberikan sebuah contoh kasus OOP yaitu menghitung Luas dan Keliling sebuah Bangun Datar yang menerapkan Encapsulasi, Inheritance, dan Polymorphism dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
Langkah pertama saya membuat kelas BangunDatar, yang mana didalam kelas tersebut terdapat 2 method. Yaitu method luas & keliling dengan tipe float, karena untuk hasilnya nanti adalah pecahan. Didalam kedua method tersebut nanti akan memunculkan kata print yang ada didalam tanda kurung.
Langkah kedua yaitu membuat java class yang bernama
PersegiPanjang dengan turunan dari class BangunDatar (Inheritance). Kemudian
mengecapsulasi int panjang, lebar dengan private.
public class PersegiPanjang extends BangunDatar{
private int
panjang, lebar;
Lalu mengurutkan nilai yang akan di tambahkan nanti harus
sesuai dengan urutan panjang, lalu lebar.
public PersegiPanjang(int panjang, int lebar){
this.panjang = panjang;
this.lebar
= lebar;
}
Kemudian membuat method luas dan keliling dengan menggunakan
polymorphism. Yang mana didalam masing-masing method terdapat rumus.
@Override
public float
luas (){
return
panjang*lebar;
}
@Override
public float
keliling(){
return
2*(panjang+lebar) ;
Langkah ketiga yaitu membuat java class yang bernama Persegi
dengan turunan dari class BangunDatar (Inheritance). Kemudian mengecapsulasi
int sisi dengan private.
public class Persegi extends BangunDatar {
private int
sisi;
Lalu menempatkan posisi nilai sisi saat ditambahkan nanti
public Persegi(int sisi){
this.sisi =
sisi;
}
Kemudian membuat method luas dan keliling dengan menggunakan
polymorphism. Yang mana didalam masing-masing method terdapat rumus.
@Override
public float
luas (){
return
sisi*sisi;
}
@Override
public float
keliling (){
return
4*sisi;
}
}
Langkah terakhir yaitu membuat java main class yang bernama
Aksi, yang mana pada main class ini nanti akan memanggil semua class yang sudah
dibuat sebelumnya.
PersegiPanjang persegipanjang=new PersegiPanjang(10, 5);
Persegi persegi=new Persegi (5);
Pada syntax diatas, yaitu terutama pada persegi panjang
terdapat angka (10, 5) maksutnya adalah angka 10 menandakan panjang dari persegi
panjang dan angka 5 menandakan lebar.
Begitu juga pada persegi, angka 5 didalam kurung menandakan nilai sisi.
Paham sih, tapi radak ribet wkwk
ReplyDeletemakasih gan
ReplyDelete